Wellcome To My Blog

HIDUP INI INDAH ANDAI KAU TAHU JALAN MANA YANG BENAR

23 Juni 2009

Aku menikmati setiap proses yang dialami

Perjalanan hidup yang aku jalani membawa aku pada beberapa situasi sulit yang harus ku hadapi. Beberapa kali aku aku menghadapi dan mengalami sesuatu yang baru dalam hidup. Dari perjalanan folmal dalam sekolahan sampai dengan dunia non formal yang tak kalah menariknya. Pengetahuan dan keterampilanku aku mulai tentu ketika aku masih kecil dulu, saat aku dduduk di bangku sekolah dasar. Saat itu aku mulai belajar membaca, menulis dan berhitung. Dalam kehidupan sehari-haripun aku memulai mengenal teman yang bisa aku ajak bermain, bercanda, dan berpetualang.

Belajar Berbicara
Sampai akhirnya aku sudah menjadi sebesar ini, aku merasa beruntung karena dibekali banyak kemampuan yang harus dikembangkan. Pas awal kuliah, aku ingin sekali bisa belajar berbicara di depan umum. Ga tau kenapa selalu ada kesulitan bagiku untuk bisa berkoar dihadapan banyak orang. Sedikit sekali keberanianku saat itu untuk bisa bicara di depan orang banyak, padahal kata bapak ku dulu siy pas aku kecil sering ngoceh dan juga sering nyanyi tanpa ada rasa malu.

Entah bagaimana caranya waktu itu, tiba-tiba saja aku kenal dengan seseorang, dan karena dia itu pula akhirnya aku diajak join untuk ikut organisasi. Saat itulah petualanganku dimulai, untuk tujuan bisa berbicara, aku memulainya dari forum kecil. salah satunya ketika rapat bidang, rapat internal. Petualanganku dalam berbica merambah ketika ada rapat pengurus, aku beranikan diri untuk berbicara. Seminar-seminar yang aku ikutin pun tidak aku lepaskan untuk bertanya agar kemampuanku bisa bertambah. Tentu klimak dari usahaku untuk belajar berbicara ketika aku didaulat untuk menjadi ketua himpunan. Saat itulah aku "dipaksa" untuk terus berbicara dengan banyak orang yang ditemui.

Belajar Menulis
Tapi sangat disayangkan kalau aku ingat masa itu, sebagai ketua suatu himpunan, aku sudah cukup mampu memberikan ide-ide ku secara lisan. Tapi aku miskin sekali dalam hal penyampaian ide secara tulisan. Temanku pernah berkata dengan nada sindiran "masa ketua kok ga bisa nulis". Kata-kata itu masih terngiang dibenaku, dan hal itu aku jadikan tekad agar aku bisa menulis suatu saat nanti.

Pengembaraanku waktu kuliah membawa aku ke sebuah tempat di tegal. Aku hampir 2 bulan menjadi pegawai musiman salah satu lembaga pendidikan. Tepatnya tahun 2007 awal, aku memulai mengenal blog. Sore hari ketika aku tanpa sengaja jalan2 ke sebuah mall di tegal, aku membaca beberapa buku. Dan salah satu buku yang aku baca adalah bagaimana membuat blog dengan mudah. Singkat cerita aku akhirnya punya juga sebuah blog, dan dengan sedikit bantuan teman2 di mahasiswa di tempatku bekerja waktu itu (baca : LP3I Tegal) aku punya blog yang cukup representatif untuk bisa menulis apapun.

Aku isi blog itu dengan beberapa pemikiran yang menjadi nilai-nilai yang aku pegang dalam kehidupan. Setiap ada sesuatu yang aku pikirkan tentang suatu hal dalam kehidupan, pasti aku menyimpannya di blog. Aku akhirnya bisa mengevaluasi setiap tulisanku dari waktu ke waktu, dan aku coba perbaiki kira-kira apa yang kurang dari tulisanku.

Sekarang ketika sudah lebih dari 2 tahun aku punya blog, aku merasa bisa lebih mengungkapkan apa yang aku pikirkan lewat bahasa tulisan. Dan kadang ketika aku berpikir lagi, kadang tidak aku sangka-sangka ada tulisanku yang bisa dimuat disalah satu situs terkenal. Tentu apa yang aku lakukan belum seberapa, karena ada keinginan besar bahwa suatu saat nanti aku bisa menulis buku untuk memberikan pencerahan pada banyak orang. Aku berharap aku bisa mencapainya...amien

Belajar Berwirausaha
Satu hal lagi yang sedang aku geluti saat ini adalah belajar jadi entrepreneur. Sebenarnya sudah lama keinginan itu ada, cuma sayang baru sekarang aku bisa merealisasikannya. Aku berpikir bahwa untuk kita bisa berwirausaha tidak semudah yang kita kira. Karena di dalamnya banyak kesulitan yang harus kita hadapi. Dan aku berharap bisa aku bisa banyak belajar dari itu semua.

Akhirnya aku beranikan diri untuk buka lapak di pasar kaget depok. Untuk ada teman dekatku yang punya satu visi dalam memandang hal ini. Semoga ini jadi awalan buat aku untuk bisa lebih peka dalam melihat setiap peluang yang datang, untuk bisa dimanfaatkannya. Tentunya semoga ceritaku dalam belajar tidak berhenti disini, karena banyak hal yang ingin aku raih.....(cerita bersambung...)



Tidak ada komentar: